//   Hubungan Investor   //   Pengumuman
PENGUMUMAN

Pemberitahuan Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa 2016


 

PT GEMA GRAHASARANA Tbk
(“Perseroan”)
Berkedudukan di Jakarta


PENGUMUMAN RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN
DAN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA
SERTA JADWAL DAN TATA CARA PEMBAGIAN DIVIDEN TUNAI

 

Dengan ini kami beritahukan kepada para pemegang saham Perseroan, bahwa Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“Rapat”) yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 16 Juni 2016 bertempat di Graha VIVERE, Jl. Letjen S. Parman No.6 Jakarta Barat 11480.Dalam rangka memenuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan no 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka, Perseroan menyampaikan ringkasan risalah Rapat sebagai berikut:

 

A. RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, pada :
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Juni 2016
Tempat : Graha Vivere,
Jl. Letjend. S. Parman No. 6,
Jakarta Barat – 11480.
Pukul : 13.25 – 14.03 WIB.

Mata Acara :

  1. Persetujuan dan pengesahan Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2015 termasuk didalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan Laporan Keuangan tahun buku 2015.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku 2015.
  3. Penunjukkan Akuntan Publik yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2016 dan pemberian wewenang kepada Direksi untuk menetapkan honorarium dan persyaratan lainnya.
  4. Penetapan gaji, honararium dan/atau tunjangan lainnya untuk anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk tahun buku 2016.

 

Kehadiran Anggota Direksi Dan Dewan Komisaris Perseroan :

Anggota Direksi yang hadir dalam Rapat :
Direktur Utama : Tuan DEDY ROCHIMAT;;
Direktur Independen : Nyonya ILDA IMELDA TATANG;;
Direktur : Tuan TOMMY DIARY TAN;;
Direktur : Tuan HERMANTO WANGSA;;
Direktur : Tuan MULJADI;;
Direktur : Nyonya NOVITA.

Anggota Dewan Komisaris yang hadir dalam Rapat :
Komisaris Utama : Tuan Doktor PULUNG PERANGINANGIN;;
Komisaris Independen : Tuan BAMBANG PERMANTORO;;
Komisaris : Tuan HARTOPO SOETOYO.

Pemimpin Rapat:
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan dipimpin oleh Tuan Doktor PULUNG PERANGINANGIN, selaku Komisaris Utama Perseroan.

Kehadiran Pemegang Saham :
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan telah dihadiri oleh para pemegang saham dan kuasa pemegang saham yang mewakili 264.005.500 (dua ratus enam puluh empat juta lima ribu lima ratus) saham atau 82,50% (delapan puluh dua koma lima puluh persen) dari 320.000.000 (tiga ratus dua puluh juta) saham yang merupakan seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh Perseroan.

Pengajuan Pertanyaan dan/atau Pendapat :
­Pemegang saham dan kuasa pemegang saham diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat untuk tiap mata acara Rapat, namun tidak ada pemegang saham dan kuasa pemegang saham yang mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat.

Mekanisme Pengambilan Keputusan :
Pengambilan keputusan seluruh mata acara dilakukan berdasarkan musyawarah untuk mufakat, dalam hal musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, pengambilan keputusan dilakukan dengan pemungutan suara.

 

Hasil Pemungutan Suara :

Mata acara pertama sampai dengan mata acara keempat:

Keputusan Rapat :

  1. Menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2015, termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2015 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et decharge) kepada anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan atas tindakan pengawasan dan pengurusan yang telah dilakukan, sepanjang tindakan-­tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan tersebut;;
  2.  
    • Menyetujui penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2015 sebagai berikut:
      • sebesar Rp. 5.120.000.000,00 atau sebesar 20.6% dari laba bersih Perseroan tahun buku 2015, dibagikan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham Perseroan sehingga setiap saham akan memperoleh dividen tunai sebesar Rp. 16,00 dengan memperhatikan peraturan perpajakan yang berlaku;;
      • sisanya dibukukan sebagai laba ditahan, untuk menambah modal kerja Perseroan;;
    • Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan sesuai dengan peraturan perundang-­undangan yang berlaku untuk melakukan setiap dan semua tindakan yang diperlukan, sehubungan dengan pembayaran dividen tunai tersebut kepada masing-­masing pemegang saham, termasuk tapi tidak terbatas untuk:
      • Memotong sebagian dari dividen tunai yang akan diterima pemegang saham untuk pembayaran pajak penghasilan yang akan dikenakan atas dividen tunai yang merupakan kewajiban pemegang saham, dengan tarif sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku.
      • Menetapkan dan / atau merubah jadwal dan tata cara pembayaran dividen tunai tersebut.
      • Mengumumkan dalam 2 (dua) surat kabar tentang tata cara pembayaran dividen tunai tersebut.
  3. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan dengan persetujuan Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2016, dan menetapkan honorarium berikut syarat-­syarat penunjukannya.
  4.  
    • Menetapkan gaji, honorarium dan/atau tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2016, sebanyak-­banyaknya Rp. 1.304.000.000,00 dan memberikan wewenang kepada Komisaris Utama untuk menetapkan alokasinya.
    • Memberikan wewenang kepada Komisaris Utama Perseroan untuk menetapkan gaji dan/atau tunjangan bagi anggota Direksi Perseroan.

Direksi Perseroan dengan ini juga mengumumkan Jadwal dan Tata Cara Pembagian Dividen Tunai sebagai berikut:

  1. Pemegang saham yang berhak atas dividen tunai adalah Para Pemegang Saham yang namanya tercatat pada Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 28 Juni 2016 pada pukul 16.00 WIB dengan memperhatikan ketentuan mengenai perdagangan di PT Bursa Efek Indonesia sebagai berikut:
    • -­ Cum Dividen Tunai di Pasar Regular dan Negosiasi : 23 Juni 2016
    • -­ Ex Dividen Tunai di Pasar Reguler dan Negosiasi : 24 Juni 2016
    • -­ Cum Dividen Tunai di Pasar Tunai : 28 Juni 2016
    • -­ Ex Dividen Tunai di Pasar Tunai : 29 Juni 2016
    • -­ Recording Date yang Berhak atas Dividen Tunai : 28 Juni 2016
    • -­ Pembagian Dividen Tunai : 20 Juli 2016
  2. Bagi saham dalam Penitipan Kolektif Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pembayaran dan pendistribusian Dividen Tunai kepada para pemegang saham dilakukan oleh KSEI melalui rekening efek di KSEI.
  3. Pemegang saham yang namanya tidak dititipkan di KSEI atau pemegang saham dengan warkat, pembayaran dividen tunai akan dilakukan melalui transfer bank ke rekening pemegang saham yang bersangkutan. Untuk itu pemegang saham diminta memberitahukan rekening banknya kepada Biro Administrasi Efek Perseroan, yaitu PT. Adimitra Jasa Korpora, beralamat di Kirana Boutique Office, Jl. Kirana Avenue III blok F3 no.5 Kelapa Gading, Jakarta Utara Telepon (62-21) 297 45222, Fax (62-21) 292 89961 selambat-lambatnya tanggal 28 Juni 2016.
  4. Pajak atas Dividen Tunai yang akan dibagikan tersebut akan dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan undang-­undang atau peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia

 

B. RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, pada :
Hari/tanggal : Kamis, 16 Juni 2016
Tempat : Graha Vivere,
Jl. Letjend. S. Parman No. 6,
Jakarta Barat – 11480.
Pukul : 14.09 -­14.25 WIB.

Mata Acara :
Persetujuan untuk menjaminkan sebagian besar atau seluruh kekayaan PErseroan untuk kepentingan Perseroan dalam rangka memperoleh fasilitas pinjaman dari lembaga keuangan baik bank maupun bukan bank yang ditunjuk Direksi Perseroan dan/atau untuk kepentingan Entitas Anak Perseroan yaitu PT. VIVERE MULTI KREASI, PT. LAMINATECH KREASI SARANA dan PT. PRASETYA GEMAMULIA untuk memperoleh fasilitas pinjaman dari lembaga keuangan baik bank maupun bukan bank yang ditunjuk Direksi Perseroan.

 

Kehadiran Anggota Direksi Dan Dewan Komisaris Perseroan :

Anggota Direksi yang hadir dalam Rapat :
Direktur Utama : Tuan DEDY ROCHIMAT;;
Direktur Independen : Nyonya ILDA IMELDA TATANG;;
Direktur : Tuan TOMMY DIARY TAN;;
Direktur : Tuan HERMANTO WANGSA;;
Direktur : Tuan MULJADI;;
Direktur : Nyonya NOVITA.

Anggota Dewan Komisaris yang hadir dalam Rapat :
Komisaris Utama : Tuan Doktor PULUNG PERANGINANGIN;;
Komisaris Independen : Tuan BAMBANG PERMANTORO;;
Komisaris : Tuan HARTOPO SOETOYO.

Pemimpin Rapat:
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan dipimpin oleh Tuan Doktor PULUNG PERANGINANGIN, selaku Komisaris Utama Perseroan.

Kehadiran Pemegang Saham :
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan telah dihadiri oleh para pemegang saham dan kuasa pemegang saham yang mewakili 265.236.200 (dua ratus enam puluh lima juta dua ratus tiga puluh enam ribu dua ratus) saham atau 82,89% (delapan puluh dua koma delapan puluh sembilan persen) dari 320.000.000 (tiga ratus dua puluh juta) saham yang merupakan seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh Perseroan.

Pengajuan Pertanyaan dan/atau Pendapat :
Pemegang saham dan kuasa pemegang saham diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat untuk tiap mata acara Rapat, terdapat 1 orang pemegang saham dan/atau kuasa pemegang saham yang mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat.

Mekanisme Pengambilan Keputusan :
Pengambilan keputusan seluruh mata acara dilakukan berdasarkan musyawarah untuk mufakat, dalam hal musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, pengambilan keputusan dilakukan dengan pemungutan suara.

 

Hasil Pemungutan Suara :

Mata acara pertama sampai dengan mata acara kedua:

Keputusan Rapat :
1. a. Menyetujui untuk menjaminkan sebagian besar atau seluruh kekayaan Perseroan untuk kepentingan Perseroan dalam rangka memperoleh fasilitas pinjaman dari lembaga keuangan baik bank maupun bukan bank yang ditunjuk Direksi Perseroan dan/atau untuk kepentingan Entitas Anak Perseroan yaitu PT. VIVERE MULTI KREASI, PT. LAMINATECH KREASI SARANA dan PT. PRASETYA GEMAMULIA untuk memperoleh fasilitas pinjaman dari lembaga keuangan baik bank maupun bukan bank yang ditunjuk Direksi Perseroan.
    b. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut diatas, sesuai dengan peraturan perundang-­undangan yang berlaku.

 

Jakarta, 20 Juni 2016
PT Gema Grahasarana Tbk.
Direksi