TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

 

Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

 

1.VIVERE for Education

 

Dukungan VIVERE Group di sektor pendidikan di Indonesia merupakan prioritas utama dalam rangka tanggung jawab sosial korporasi dan merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab Perseroan sebagai warga korporasi yang baik di Indonesia. Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa masih banyak ruang untuk kontribusi langsung di sektor ini mengingat berbagai kendala yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi.

 

2. VIVERE for Education Community

 

Dalam perayaan HUT-nya yang ke-30 di bulan Desember 2014, Perseroan meluncurkan VIVERE for Education Community, suatu komunitas yang akan menyelenggarakan kegiatan pengembangan SDM dalam bentuk seminar, pelatihan dan workshop. Para penerima beasiswa dari program beasiswa VIVERE for Education diharapkan dapat berkontribusi dan menjadi bagian dari VIVERE for Education Community. Dalam jangka panjang, Perseroan merencanakan untuk mendirikan “VIVERE for Education Foundation”, sehingga lebih banyak aktivitas pengembangan sumber daya manusia yang dapat dikerjakan bersama sebagai bagian dari pengabdian VIVERE Group kepada masyarakat, bangsa dan negara.

 

3. Pemberdayaan Karyawan

 

Agar dapat berjalan secara efektif, gagasan pengembangan sosial dan kemasyarakatan VIVERE Group, dirancang dengan konsep yang jelas yaitu harus bersifat memberdayakan, terpadu dan berkelanjutan, sehingga efektif dalam mencapai sasaran yang dikehendaki. Salah satu inisiatif itu terwujud dalam program pemberdayaan karyawan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1993 Program ini bertujuan untuk membantu memberdayakan pekerja borongan dengan memberikan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan standar VIVERE, hingga kini telah mampu berkembang mandiri menjadi mitra VIVERE Group.

 

4. Program Sosial

 

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, Perseroan juga mengadakan program-program sosial, yang di tahun 2014 terdiri dari kegiatan sebagai berikut:
 

  1. Donor darah;
  2. Bantuan rumah ibadah;
  3. Sistem magang bagi siswa dari institusi pendidikan formal maupun informal;
  4. Pemberian insentif kepada anak-anak karyawan yang berprestasi;
  5. Acara buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dari Yayasan Al-Mawaddah, Jakarta.

 

5. Dana Program Sosial Perseroan

 

Dana yang dialokasikan untuk kegiatan program sosial Perseroan pada tahun 2014 adalah Rp 391.883.000 (tiga ratus sembilan puluh satu juta delapan ratus delapan puluh tiga ribu Rupiah).

 

 

Lingkungan Hidup

 

Untuk mewujudkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan, Perseroan terus berupaya meningkatkan penerapan langkah- langkah sebagai berikut:
 

  1. Menggunakan bahan baku dan bahan pembantu yang less formaldehyde serta memenuhi standar kesehatan NIOSH dan SNI. Contoh: penggunaan lem putih daripada lem kuning, dan penggunaan water based finished wood coating paint yang telah mendapat EU Ecolabel 2011 pada koleksi furnitur yang diproduksi Perseroan.
  2. Mengendalikan setiap proses produksi agar tidak terjadi limbah (waste) berlebihan yang berarti penghematan penggunaan sumber daya material.
  3. Mengatur penggunaan air dengan mengatur pengeluaran debit air.
  4. Memenuhi standar emisi gas buang, kebisingan, debu dan limbah air hasil dari proses produksi.
  5. Menjual produk-produk yang telah mendapat sertifikasi lingkungan.

 

 

Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 

1. Praktik Ketenagakerjaan

 

Perseroan sangat menyadari arti penting sumber daya manusia untuk mencapai visi dan misi, baik saat ini maupun untuk masa-masa mendatang. Berangkat dari pemikiran seperti itu, maka Perseroan memposisikan SDM sebagai aset yang harus dijaga dan diasah kemampuannya agar dapat mendukung pertumbuhan Perseroan ke depan. Hal ini juga untuk mewujudkan tanggung jawab sosial Perseroan terhadap karyawan sebagai salah satu pemangku kepentingan yang memiliki pengaruh langsung terhadap keberlanjutan Perseroan.

 

Tanggung jawab sosial Perseroan terhadap karyawan antara lain diwujudkan dalam kebijakan berikut:

  1. Tidak mempekerjakan karyawan di bawah umur.
  2. Menerapkan kesetaraan gender dalam kesempatan penerimaan dan promosi karyawan.
  3. Membayar upah sesuai dengan Upah Minimum Regional yang berlaku dan tunjangan-tunjangan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  4. Menetapkan jam kerja karyawan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  5. Melakukan pendidikan dan pelatihan karyawan secara berkesinambungan dari level Direksi sampai dengan operasional untuk meningkatkan kompetensi karyawan.

 

Perseroan juga memberi fasilitas kepada karyawan dalam berbagai kegiatan yang tentunya berdampak positif pada kesehatan jasmani dan rohani, antara lain olahraga, kegiatan keagamaan, gathering dan kegiatan lain baik rutin ataupun tidak rutin.

 

2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 

Aspek kesehatan dan keselamatan kerja karyawan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Perseroan menciptakan suasana lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk mendukung atmosfir positif bagi kesehatan dan keselamatan kerja karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja.

 

Oleh karena itu, Perseroan telah menerapkan beberapa kebijakan terkait kesehatan dan keselamatan kerja, antara lain sebagai berikut berikut:
 

  1. Memastikan lingkungan tempat kerja karyawan yang nyaman, aman dan sehat dengan melakukan monitoring ukuran atas penerangan temperatur dan uap kimia pada proses produksi, kebisingan, debu dan lain-lain. Hasil monitoring menjadi acuan untuk langkah-langkah koreksi yang dibutuhkan.
  2. Memastikan alat kerja atau alat bantu kerja karyawan memenuhi standar kenyamanan, keamanan dan kesehatan, antara lain dengan menggunakan alat kerja sesuai standar SNI; menggantikan secara bertahap monitor komputer tabung (CRT )    menjadi    LCD.
  3. Menyediakan APD (Alat Pelindung Diri) untuk karyawan dan memastikan karyawan menggunakannya dengan melakukan observasi di lapangan yang hasilnya dilaporkan pada SHE OC (SHE Observation Card).

 

 

Tanggung Jawab Produk dan Jasa

 

1. Komitmen terhadap Mutu

 

Sejalan dengan misinya untuk menjadi perusahaan berkelas dunia, VIVERE Group berkomitmen untuk menghasilkan produk dan jasa yang terjamin konsistensi mutunya sesuai dengan spesifi- kasi yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan komitmen ini, Perseroan memperkuat pengawasan untuk menjamin konsistensi mutu produk dan jasa yang dihasilkan di setiap tahapan prosesnya yang telah distandarisasi melalui Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

 

2. Pusat Layanan Pelanggan

 

Untuk menerapkan nilai-nilai perusahaan khususnya fokus kepada pelanggan, Perseroan memberikan masa garansi pada produk yang dijual dan masa pemeliharan pada jasa yang diberikan. Khususnya untuk pelanggan retail, VIVERE memiliki pusat layanan pelanggan (customer call centre) dengan menghubungi email: customercare@viverecollection.com