TATA KELOLA PERUSAHAAN

 

PERNYATAAN TATA KELOLA PERUSAHAAN

  

Sebagai perusahaan publik, GGS memegang komitmen untuk menerapkan GCG secara konsisten dan berkelanjutan. Implementasi GCG menjadi suatu hal yang penting sebagai dasar kebutuhan sekaligus tuntutan yang tidak dapat dihindari dalam perkembangan bisnis dan peningkatan citra perusahaan.

GGS menerapkan budaya GCG secara tetap untuk merealisasikan 5 (lima) prinsip tata kelola perusahaan yang baik antara lain Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independensi serta Kewajaran dan Kesetaraan dalam berorganisasi. Prinsip-prinsip GCG memastikan bahwa kegiatan usaha senantiasa berjalan di dalam koridor yang telah ditentukan oleh peraturan perundangan yang berlaku, etika bisnis dan best practices. GGS secara konsisten menggunakan pendekatan yang komprehensif untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip GCG diterapkan dalam seluruh tahap operasi bisnis Perseroan.

Perseroan menerjemahkan prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut:

 

1. Keterbukaan

GGS mempersiapkan informasi tepat waktu, jelas dan relevan yang dapat dengan mudah diakses dan dimengerti oleh para pemangku kepentingan. lnformasi tidak hanya mencakup informasi yang diperlukan oleh peraturan hukum tetapi juga mencakup informasi lain yang dianggap penting untuk pengambilan keputusan oleh pemegang saham, kreditor dan pemangku kepentingan yang lain.

 

2. Akuntabilitas

Struktur organisasi GGS disusun dengan memastikan terlaksananya prinsip akuntabilitas dan profesionalisme dengan baik dan benar. Perseroan telah membentuk rincian yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi dalam Perseroan sehingga semua karyawan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sejalan dengan visi, misi, nilai dan strategi Perseroan.

 

3. Tanggung Jawab

Semua keputusan dan tindakan yang diambil oleh GGS mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, dan Perseroan memiliki kesadaran tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan sosial dari masyarakat di mana Perseroan beroperasi, memenuhi tanggung jawabnya terhadap masyarakat dan lingkungan untuk mempertahankan keseimbangan dan kelangsungan usaha jangka panjang dan terus menerus menjadi warga perusahaan yang baik.

 

4. lndependensi

GGS dikelola secara independen tanpa intervensi dari pihak lain dan masing-masing divisi Perseroan tidak saling mendominasi, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara objektif. Masing-masing organ Perseroan selalu melaksanakan fungsi dan tugas sesuai dengan anggaran dasar, peraturan dan ketentuan.

 

5. Kewajaran dan Kesetaraan

Di samping itu, GGS juga menerapkan prinsip kewajaran dan kesetaraan dengan memberikan perlakuan yang adil dan setara baik kepada publik, otoritas pasar modal, komunitas pasar modal, maupun para pemangku kepentingan. Hubungan Perseroan dengan karyawan dijaga dengan memperhatikan hak dan kewajiban mereka secara adil dan wajar.

 

 

STRUKTUR TATA KELOLA PERUSAHAAN

 

Merujuk pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Organ Perusahaan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi. Sebagai organisasi yang berbadan hukum Perseroan Terbatas, GGS telah mengatur Organ Perseroan yang terdiri dari Rapat Umum Pemeg- ang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi, dengan dukun- gan dari Audit Internal, Komite Audit yang membantu Dewan Komisaris dan Sekretaris Perusahaan. Setiap bagian dari Struktur ini harus menjalankan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.